Pengertian Statistika

Pengertian Statistika Adalah

Istilah statistik dapat diberi pengertian sebagai data statistik, statistic pendidikan yaitu ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu di tempuh atau dipergunakan, dalam rangka megumpulkan, penyusunan, penyajian, penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka.

Pengertian statistika
Diagram|Sumber gambar: pixabay.com

Sebagai Suatu disiplin Ilmu pengetahuan, statistic memiliki beberapa ciri khas/khusus, diantaranya adalah;
  • Statisik selalu bekerja dengan angka atau bilangan ( dalam hal ini adalah data kuantitatif).
  • Statistik bersifat objektif pengertian statistik selalu bekerja menurut data yang ada.
  • Statistik bersifat universal mengandung pengertian bahwa ruang lingkup atau ruang gerak dan bidang garapan statistik yang berlaku untuk di semua bidang kajian.

Skala dalam Statistika

Ada 2 (dua) tipe skala pengukuran yang digunakan di dalam statistika, yaitu Kualitatif dan kuantitatif. Kedua skala pengukuran tersebut memiliki tingkat penggunaan yang berbeda dalam pengolahan statistiknya.

1. Kualitatif

a. Rasio (yang menunjukan 0 absolut)
Skala rasio berupa angka kuantitatif yang memiliki nilai nol mutlak dan tidak dapat digeser sesukanya, misalnya massa.
b. Interval (menunjukkan 0 ≠ “kosong”)
Skala interval berupa angka kuantitatif namun tidak memiliki nilai nol mutlak sehingga titik nol dapat digeser sesuka orang yang mengukur, misalnya suhu dalam Celcius.

2. Kuantitatif

a. Ordinal (Tidak setara)
Skala ordinal selain membedakan sesuatu juga menunjukkan tingkatan, misalnya pendidikan dan tingkat kepuasan pengguna.
b. Nominal (setara)
Skala nominal hanya bisa membedakan sesuatu yang bersifat kualitatif atau kategoris, misalnya jenis kelamin, agama, dan warna kulit.
Dalam mengolah data statistik, terdapat istilah variabel, yaitu sifat atau karakteristik dari obyek.
Contoh : “Prestasi akademik Mahasswa P. ips semester IV kelas B” maka yang menjadi variable adalah 1)Prestasi akademik dan 2)mahasiswa semester IV B.
Umumnya nama variabel yang digunakan adalah X, Y, dan z. variabel X, dan y (variable bebas dan terikat). Variabel bebas berarti variabel yang memberi dampak, dan variabel terikat merupakan variabel yang terdampak.
Jika variable berjumlah satu maka disebut variat, jika berjumlah dua maka disebut Univariet, dan jika berjmlah tiga atau lebih, maka disebut Multivariet.

No comments for "Pengertian Statistika"