Usaha Yang Cocok Ditengah Pandemi Corona (Covid19)

8 Usaha Yang Cocok Ditengah Pandemi Corona (Covid19)
Usaha yang cocok ditengah pandemi.

Seiring dengan terus merebaknya pandemi virus Corona, atau Covid19, segala aktifitas kita menjadi terganggu, mulai dari bidang paling privat hingga persoalan publik mengalami goncangan. Salah satu sektor yang terkena dampak dari pandemi adalah para buruh pabrik yang harus dirumahkan sementara, atau bahkan diPHK sehingga menjadi pengangguran dimasa sulit seperti saat ini. Hal ini membuat kita harus berfikir keras bagaimana agar asap dapur tetap bisa ngepul, salah satu hal yang harus kita pikirkan adalah usaha yang cocok ditengah pandemi virus Corona, atau Covid19 dewasa ini.

Virus yang dapat menular dengan begitu mudah, membuat dunia seolah harus menyesuaikan diri dengan membuat pola-pola baru dalam berhubungan dengan orang lain, bagaimana cara bersosialisasi tentu akan mempengaruhi juga dunia usaha, oleh sebab itu kita tidak boleh asal-asalan dalam mengeksekusi peluang usaha yang kita miliki.

8 Ide Usaha yang Cocok dan Menjanjikan dimasa Wabah Corona

Selama Pembatasan-pembatasan yang terjadi selama pandemi virus corona, pemerintah memberikan anjuran untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Oleh karena itu banyak dari para siswa menjalankan aktifitas belajar cukup di rumah aja, selain itu juga tidak sedikit orang dewasa yang menjalankan himbauan pemerintah dengan bekerja di rumah, Work From Home (WFH). Oleh sebab itu, banyak ide usaha yang dapat kita eksekusi selama berjalannya wabah pandemi tersebut. Berikut adalah ulasannya;

1 Olshop / Bisnis Online

Olshop, atau online shop bukanlah bisnis baru, karena sejak sebelum pandemi menyerang bisnis ini telah banyak menjadi pilihan orang, karena sistemnya yang begitu fleksibel. Kita dapat mulai berjualan dengan tanpa harus membuka lapak secara fisik, toko dapat dibuka melalui beragam media online, mulai dari sosmed, website, sampai dengan aplikasi jualan seperti bukalapak, tokopedia, shophee, dll.

Bisnis ini sangat menarik, karena dapat dijalankan dimanapun, kapanpun, dan oleh sipapun, transaksi dapat dilakukan di internet banking, dan barang dapat kita kirim melalui kasa antar jemput barang via kurir. Hal ini berarti kita dapat ber-usaha, dan tetap menjalankan himbauan pemerintah untuk mumutus rantai penyebaran covid19.

Selain berjualan barang-barang potensial yang dibutuhkan orang-orang, dimasa pandemi virus Corona ini kita dapat menambah barang seperti handsanitizer, sabun cuci tangan, desinfektan, hingga masker yang banyak dicari orang selama pandemi.

2 Usaha Rempah Tradisional

Sebagai pandemi, Covid19 memang sangat berbahaya, selain karena penularannya yang begitu mudah, virus ini juga  belum ditemukan obatnya. Namun demikian, kabar baiknya adalah virus ini secara alamiah dapat dilawan oleh sistem imun yang dimiliki oleh manusia, oleh sebab itu orang dengan kesehatan prima memiliki prosentasi besar selamat dari virus corona.

Walaupun virus dapat dilawan oleh sistem imun manusia, masih terdapat orang-orang yang tergolong rentan terserang virus, mereka adalah orang tua dan orang dengan penyakit bawaan.

Fakta bahwa virus dapat dilawan oleh sistem kekebalan manusia, membuat banyak orang mencari suplemen, vitamin, serta obat yang mampu menguatkan sistem imun, tidak terkecuali rempah tradisional seperti jahe, sereh, kunyit, dan lain-lain yang dapat dijadikan sebagai ide bisnis yang cocok ditengah pandemi Corona.

Berbagai rempat tersebut dapat dijual baik dalam kondisi mentah, maupun olahan, seperti jehe, kunyit, dan sereh bubuk yang siap seduh.

3 Emas

Emas memiliki nilai yang relatif stabil, dan cederung meningkat, oleh sebab itu menyimpang dana dalam bentuk ini tentu akan lebih aman jika dibandingkan dengan menyimpan rupiah, apa lagi rupiah mengalami pukulan akibat pandemi virus Corona, oleh sebab itu kita yang memiliki dana cair yang cukup lebih baik menginvestasikannya di emas, yang memiliki likuiditas lebih cepat dibanding tanah, misalnya.

4. Bisnis Masker Usaha yang Cocok Ditengah Pandemi

Regulasi baru dalam menghadapi perubahan-perubahan yang diakibatkan oleh virus corona, atau lebih sering disebut dengan istilah "New Normal". Mau tidak mau, siap atau tidak siap semua orang akan mengikuti normal batu yang terus digalakan oleh pemerintah tersebut, hal ini menyusul dengan tingkat infeksi dan kematian akibat Corona terus mengalami peningkatan.

Salah satu yang terus digalakan adalah pemakaian masker, tidak perlu masker medis, masker kainpun dirasa cukup. Hal ini menjadi salah satu ide usaha yang dapat kita eksekusi ditengan pandemi corona ini.

Kedepan masker untuk mencegah penyebaran virus corona akan menjadi sebuah kebiasaan, dan menjadi hal yang normal, dan selanjutnya akan menjadi bagian dari fashion. Oleh karena itu, dimasa yang akan datang variasi-variasi model masker akan menjadi tren dan kebutuhan utama. 

Ini merupakan peluang usaha yang cukup menarik, apalagi jika kita mampu membuat berbagai macam mode masker, yang selain dapat digunakan sebagai alat pencegahan penyebaran virus, juga memiliki mode menarik, dan bervariasi.

5 Usaha Jual Pulsa Elektrik

Salah satu kebutuhan prioritas dewasa ini adalah pulsa dan akses internet, banyak aktifitas kita, baik pencarian informasi maupun kebutuhan hiburan, kita membutuhkan data internet untuk dapat tersambung dengan berbagai media penyedia layanan.

Contoh kecil adalah ketika kamu membaca artikel ini, secara tidak sadar kamu telah menggunakan internet. Baik pulsa maupun internet, serta token listrik telah menjadi kebutuhan bulanan bagi setiap orang dewasa ini.

Oleh sebab itu, usaha dalam bidang penjualan pulsa elektrik masih menjadi peluang bisnis yang lumayan menjanjikan untuk dijadikan pekerjaan sampingan ditengan pandemi virus corona seperti sekarang ini.

6 Usaha Jual Sembako Online

Seburuk apapun pandemi ini akan berlangsung nantinya, setiap orang tetap harus mencukupi kebutuhan dasarnya akan makanan. Oleh sebab itu, usaha dibidang sembako pasti akan memberikan peluang yang besar, ditambah dengan kondisi masyarakat yang masih dihimbau untuk menjaga jarak sosial, tentu bisnis online sembako akan menjadi solusi bagi calon konsumen kamu.

Bisnis sembako online dapat kita mulai dengan pangsa pasar para tetangga kita, dengan layanan pesan antar, dengan begitu mereka tidak akan mengambil resiko virus corona karena berdesak-desakan dipasar.

Bagaimana kita memulai usaha ini? Mulailah dengan menjual bahan yang tidak mudah busuk untuk menghindari ketugian, sedangkan produk yang cocok untuk ditawarkan adalah seperti telur, gula, beras, dan lin-lain.

7 Jasa Antar Jemput Barang

Ditengah pembatasan jarak fisik dan sosial, tentu akan banyak orang yang membutuhkan jasa antar pemput barang, baik mereka yang sedang jualan online, atau mereka yang sedang membeli barang, mereka semua akan membutuhkan jasa kurir, apa lagi jika wilayah kamu tidak tercover oleh ojek online, tentu jasa ini akan sangat dinati orang.

Jika wilayahmu telah dicover oleh para penyedia aplikasi ojek online, maka kamu dapat bergabung dengan mereka agar lebih mudah mencari calon pengguna jasa tersebut.

8 Usaha Bidang Kuliner

Apapun situasinya, makanan tetap akan dibutuhkan orang. Sebagaimana bisnis sembako, usaha jual makanan jadi adalah peluang yang baik untuk kita jalankan. Namun demikian kamu tetap harus menganalisa kebutuhan, apakah masyarakat di wilayah tersebut membutuhkan makanan berat, atau makanan sebagai camilan, agar kamu tidak salah dan tidak mengalami kerugian.

Demikianlah peluang usaha yang cocok ditengah merebakkan pandemi virua korona yang dapat kita eksekusi. Selain ide-ide tersebut di atas, masih banyak peluang yang dapat kita jadikan peluang bisnis yang cukup menguntungkan ditengah ketidak pastian usaha akibat covid19.

________________
Gambar hanya sebagai ilustrasi.
Sumber: diolah dari Pixabay.com

1 comment for "Usaha Yang Cocok Ditengah Pandemi Corona (Covid19)"

  1. Memang kalau dicari ada saja yah jalannya. Meski banyak bisnis yang tiarap, tapi ada juga bisnis yang punya potensi besar selama pandemi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berikan Komentarmu di Sini, Untuk Beropini, Bertukar Ide dan atau Sekedar Sharing..