Dinamika Peran Bangsa Indonesia dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia

Page Title

Indonesia memiliki peran besar dalam proses terselenggaranya perdamain dunia, hal ini juga sebagaimana telah tertuang dalam pembukaan undang-undang dasar (UUD) Negara Kesatuan Republik Indonesia bahwa indonesia "ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial". Oleh sebab itu indonesia terus aktif dalam penyelengaaraan ketertiban dunia dengan berbagai hal, diantaranya adalah mengirim delegasi pasukan perdamaian. Untuk memahami bagaimana dinamika peran bangsa indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia mari kita ikuti pembahasan lebih lenjut di bawah ini;

PERAN BANGSA INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN PERDAMAIAN DUNIA
Ilustrasi bangsa-bangsa dunia / Sumber gambar: pixabay.com

Peran Indonesia Dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia

Peran indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia bahkan sudah dimulai sebelum perang dunia ke II (dua) berahir. dinamika bangsa indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia setidaknya dapat kita lihat dimana Indonesia sebagai Negara yang ikut memprakarsai berdirinya gerakan non-block yang tidak memihak kepentingan kapitalisme-liberalisme yang diusung oleh amerika serikat, ingris dan sekutunya, maupun block komunisme yang diusung oleh uni soviet bersama sekutunya, maupun blok poros pada PD II (Perang Dunia ke-2) seperti Italia, Jerman dan Jepang.

Dalam kepentingan blok, setidaknya kita tahu bahwa Amerika (blok barat) serikat memiliki kepentingan untuk membuka pasar bebas sebesar-besarnya untuk dapat mengambil bahan baku industri dari Negara-negara dunia ketiga (Negara jajahan/berkembang), serta untuk mencari pasar untuk menjual produk-produk industry yang diprroduksinya. Sementara blok komunis memiliki kepentingan untuk menghapuskan kapitalisme dunia, dan menghilangkan sistem kelas sosial.

Indonesia sebagai Negara yang telah merdeka tidak ingin berkutat dalam pertikaian blok timur maupun blok barat, sebagaimana yang diungkapkan oleh Hatta “mestikah bangsa Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaannya, harus memilih antara pro-Rusia atau pro-Amerika ? Apakah tak ada pendirian yang lain yang harus kita ambil dalam mengejar cita-cita kita?”.[1] Oleh karena itu Indonesia memlih untuk politik yang berazazkan bebas-aktif.

Baca Juga: Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan Penawaran dan Teknologi

Politik bebas aktif merupakan politik luar negeri Indonesia yang tidak memihak pada kekuatan-kekuatan diluar Negara Indonesia yang tidak sejalan dengan nila-nilai pancasila sebagai dasar Negara, serta ikut aktif, cepat, tanggap merespon berbagai peristiwa yang terjadi dalam kancah dunia internasional. Sementara A. W. Wijaya mendifinisikan bahwa politik bebas aktif adalah politik bebas yang tidak terikat pada suatu blok Negara adikuasa tertentu dan aktif dalam mengembangkan kerjasama internasional dengan Negara lain. [2]

A. Peran Indonesia Dalam Menciptakan Perdamaian Dunia Melalui Hubungan Internasional

1. Makna hubungan internasional

Secara sederhana hubungan internasional adalah semua jenis kerja sama antara Negara Indonesia yang diwakili oleh pemerintah pusat, dengan Negara-negara lain. Makna ini juga banyak yang menyamakan dengan konsep politik Luar Negeri, Hubungan Luar negeri, dan Politik Internasional.

  • Politik Luar Negeri adalah Suatu strategei, cara atau kebijakan dalam mengadakan hubungan dengan Negara lain, untuk tujuan kepentingan Nasional Negara yang bersangkutan
  • Hubungan Luar Negeri, merupakan keseluruhan hubungan dengan Negara lain yang tidak tunduk pada kedaulatannya
  • Politik Internasional ialah Politik yang mencakup kepentingan suatu Negara, atau semua Negara

2. Pentingnya Hubungan Internasional Bagi Indonesia

Adanya kenyataan bahwa suatu Negara tidak dapat mencukupi kebutuhannya sendiri, tanpa bantuan Negara lain, misalnya Indonesia yang hari ini belum memiliki industri otomotif sendiri, sehingga membutuhkan kerja sama dengan Negara lain, seperti jepang, atau china. Sebaliknya Negara jepang yang memiliki sumberdaya alam yang terbatas, memerlukan Indonesia yang memiliki bahan baku yang besar untuk kebutuhan industry mereka. Maka kemudian dianggap sangat perlu adannya hubungan internasional dalam rangka kepentingan nasional.

Bentuk politik luar negeri Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)
  2. Memprakarsai Konferensi Asia-Afrika (KAA)
  3. Salah satu pendiri Gerakan Non-Blok
  4. Ikut mengirimkan pasukan perdamaian (pasukan Garuda) dalam misi perdamaian PBB
  5. Salah satu pendiri ASEAN
  6. Aktif dalam gelaran olah raga internasional
  7. Terlibat dalam berbagai organisasi internasional, seperti OKI (Organisasi Konferensi Islaam), OPEC (Organisasi Negara Pengekspor Minyak, APEC (Kerjasama ekonomi Asia Pasifik).

Baca Juga: Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan

Hubungan internasional bagi suatu bangsa biasanya digunakan untuk misi persahabatan, kerja sama bilateral, multilateral dan regional untuk kepentingan nasional setiap Negara berdaulat. Bagi Indonesia, selain yang tersebut di atas, politik luar negeri juga digunakan sebagai jalan dalam rangka mewujudkan, dan ikut dalam menciptakan perdamaian dunia, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam kostitusi, misalnya dalam UUD NRI tahun 1945 alinea keempat, tentang tujuan Negara “…ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan, perdamaian abadi dan keaadilan sosial”.

Selain itu arti penting hubungan internasional bagi bangsa indonesia adalah sebagai berikut;

  1. Pembentukan satu masyarakat yang adil, makmur baik secara material maupun sepiritual
  2. Menjalin persahabatan dengan bangsa dan negara lain
  3. Mempertahankan kemerdekaan
  4. Memperkuat pertahanan
  5. Mendapatkan barang dan teknologi baru
  6. Alih teknologi
  7. Meningkatkan perdamaian dunia
  8. dll.

B. Peran Indonesia Dalam Menciptakan Perdamaian Dunia Melalui Organisasi Internasional

Secara umum Organisasi internasional dapat diartikan sebagai organisasi yang berkedudukan sebagai subyek hukum internasional dan memiliki kapasitas untuk membuat suatu pperjanjian-perjanjian internasional. Sebagai subyek hukum, organisasi internasional juga memiliki hak dan kewajiban-kewajiban yang biasanya ditetapkan dalam konferensi-konferensi internasional.

Keterlibatan Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Peran Indonesia dalam Perdamaian dunia melalui PBB (Perserikatan bangsa-bangsa)

Pada saat agresi militer belanda I, Indonesia dan Australia mengusulkan agar persoalan Indonesia dibawah ke siding umum PBB, yang selanjutnya membawa Indonesia-Belanda pada meja perundingan, (Perundingan Renville). Pada agresi militer belanda II, Indonesia-Belanda ditemukan dalam perundingan Roem Royen. Indonesia juga terlibat aktif dalam pengiriman pasukan perdamaian untuk PBB, (pasukan Garuda). Sampai saat ini dapat kita lihat pasukan perdamaian Indonesia aktif dalam konflik palestin dan Israel.

2. Peran Indonesia dalam Perdamaian dunia melalui ASEAN

Sebagai Negara terbesar dikawasan asea tenggara, Indonesia turut memprakarsai dalam pendirian oraganisasi regional tersebut. Prinsip-prinsip utama ASEAN diataranya adalah sebagai berikut: Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional dan identitas nasional tiap Negara. Tidak mencampuri urusan dalam negeri setiap Negara anggota. Dan kerja sama efektif antar negara

Baca Juga: Interaksi Aantar Negara-Negara Asean

3. Peran Indonesia dalam Perdamaian dunia melalui Gerakan Non-Blok

Sebagai Negara yang merdeka, Indonesia tidak inngin terjebak dalam perang dingin antara blok timur dan blok barat, oleh karena itu Indonesia turut mendirikan gerakan non blok. Atas kontribusi Indonesia yang pernah memimpin GNB dengan prestasi yang cemerlang, Indonesia dipercaya untuk mendamaian beberapa konflik di beberapa Negara tetangga, seperti konflik berdarah di kamboja, gerakan separatisMoro di Filipina, dan sengketa laut China selatan.

Peran indonesia mewujudkan perdamaian dunia melalui organisasi internasional dapat kita lihat melalui

  • Mempelopori berdirinya organisasi regional ASEAN yang juga ikut menjaga kestabilan Asia Tenggara
  • Menyelenggarakan konferensi Asia Afrika
  • Aktif dalam organisasi pengekspor minyak (OPEC)

 4. dll

Demikianlah artikel tentang dinamika peran bangsa Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia, dimana peran-peran tersebut masih terus digaungkan sampai saat ini. Bagaimana menurut sodara, apakah peran indonesia dalam kancah internasional tersebut dinilai masih kurang dalam mengibarkan nama besar indonesia?

Sumber:

1] https://peterkasenda.wordpress.com/2011/09/23/soekarno-irian-barat-dan-uni-soviet/ (dalam sumber lain, kalimat ini diucapkan oleh Ir. Soekarno. Lihat buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, kemdikbud 2017, hlm. 126)

2] https://www.dpr.go.id/jdih/uu1945

3] http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-politik-luar-negeri-bebas-aktif-dan-contohnya/

No comments for "Dinamika Peran Bangsa Indonesia dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia"